WHAT'S NEW?
Loading...

Menjaga Lingkungan dengan 3R

Lingkungan di Indonesia dan di negara-negara lain kini menjadi kotor. Lingkungan yang dulunya bersih dan asri, kini menjadi sarang sampah akibat perlakuan tangan manusia yang semena-mena. Manusia sendiri tak pernah menyadari betapa pentingnya lingkungan hidup bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain di bumi.

Manusia juga
kurang menyadari dampak dari lingkungan kotor bagi manusia. Lingkungan yang kotor dapat menimbulkan bibit-bibit penyakit yang malah merugikan manusia, dan menambah jumlah orang sakit di dunia. Selain itu, lingkungan yang kotor juga dapat menyebabkan bencana bagi manusia. Salah satu contohnya adalah bencana banjir yang sering terjadi di Ibukota Jakarta.

3R(reuse,reduce, recycle) merupakan solusi terbaik dalam mengatasi hal diatas. Dengan melakukan 3R, sampah yang ada di lingkungan akan berkurang. Bukan hanya itu. Dengan melakukan 3R, kita dapat berperan secara aktif dalam upaya menyehatkan lingkungan.

Sungguh sangat membanggakan jika kita dapat berperan secara aktif dalam upaya menyehatkan lingkungan. Tetapi, bagaimana bisa kita melakukan 3R tanpa mengerti apa itu 3R? Tentu saja sia-sia. Oleh sebab itu, Tips dan Trik akan menguraikannya melalui tulisan di bawah:

  1. Reuse.
 Reuse artinya menggunakan kembali. Melakukan reuse artinya kita menggungakan kembali suatu barang secara berulang-ulang. Baik penggunaan kebali dengan fungsi yang sama, maupun penggunaan kembali dengan fungsi yang berbeda.
Beberapa contoh pelaksanaan reuse yang dapat kita lakukan:
- Menggunakan kembali pakaian bekas. Jika memang sudah tidak muat, anda bisa menyumbangkannya pada orang-orang tidak mampu.
- Menggunakan botol minum dengan fungsi yang sama berkali-kali.
- Menggunakan botol bekas sebagai tempat penyimpanan miyak goreng.
- Menggunakan jerigen minyak goreng sebagai tempat penyimpanan minyak tanah.
- dan sebagainya.
Beberapa contoh di atas dapat anda lakukan. Anda juga dapat menambahkan beberapa contoh reuse yang belum saya tuliskan disini, dalam kehidupan anda sehari-hari.

2. Reduce
Reduce artinya mengurangi pemakain. Melakukan reduce berarti kita mengurangi pemakaian barang-barang yang dapat merusak lingkungan. Melakukan reduce juga berarti mengurangi belanja barang-barang yang tidak perlu atau tidak terlalu penting. Reduce memang sulit dilakukan karena manusia selalu mempunyai keinginan untuk memiliki suatu barang. Itu tidak salah, tetapi harus berkeinginan yang bijak. Artinya menginginkan sesuatu dengan mempertimbangkan dampaknya bagi lingkungan.
Berikut, beberapa contoh pelaksanaan reduce:
- Mengurangi belanja  baju baru jika masih ada baju yang pantas digunakan.
- Mengganti Tisu dengan sapu tangan
- Baca koran online untuk mengurangi penggunaan kertas
- Mengurangi penggunaan tas plastik, dan menggantinya dengan tas kain.
- dll
Selain contoh di atas, masih banyak contoh-contoh lain yang dapat anda lakukan.

3. Recycle.
Recycle artinya mendaur ulang barang. Dengan mendaur ulang, kita dapat mengurangi sampah-sampah yang berserakan di lingkungan. Sekarang ini, sudah banyak gerilyawan lingkungan yang melakukan recycle, dan menularkannya kepada masyarakat luas. Dalam hal ini, pemerintah kurang berperan aktif. Padahal pemerintalah yang seharusnya menjadi panutan.
Melakukan recycle memang cukup mudah. Berikut contoh sederhana melakukan recycle.
- Mengolah sampah organik di lingkungan menjadi pupuk.
- Menggunakan botol bekas menjadi pot bunga.
- Membuat boneka dari kain bekas.
- Membuat Bunga dari sedotan bekas.
- Mengolah kertas bekas menjadi kertas baru yang dapat digunakan.
-dll.

Dari uraian di atas dapat kita ketahui bahwa 3R merupakan langkah penting dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Oleh karena itu kita semua harus berperan aktif melakukan 3R. Tidak hanya bisa membaca, tapi juga harus melaksanakan.

Kini, kita tidak boleh menyerah, karena bumi semakin hari semakin kotor.
Mari, jaga lingkungan dengan 3R!!