WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Pola Makan

Kesehatan Jantung

JANTUNG merupakan organ paling vital yang menjaga kita tetap hidup. Jantung perlu dijaga secara baik agar tidak terserang penyakit jantung. Jika tidak, bermacam penyakit berbahaya seperti Kardiovaskular dapat menyerang jantung kita.
Kesehatan jantung tergantung pada keseimbangan pola makan. Pola makan yang seimbang dapat menurunkan ancaman terjadinya penyakit jantung. Bukan hanya itu, pola makan yang seimbang juga dapat menjauhkan kita dari ancaman penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Menahan asupan kolesterol dalam makanan, mengatur asupan makanan, dan mengkonsunmsi makanan yang mengandung banyak nutrisi sangat dianjurkan  untuk dilakukan. Pola makan yang baik dan sehat juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan jantung melalui pola makan yang dilansir dari boldsky.

Mengkonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran terdiri dari banyak vitamin dan mineral, serat, serta rendah kalori. Mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat karena buah dan sayuran mengandung beberapa zat yang mampu mencegah penyakit kardiovaskular.
Anda tentunya dapat menambahkan buah-buahan dan sayuran dalam resep makanan anda sebagai bahan utama.

Karbohidrat

Karbohidrat memberikan tenaga pada tubuh. Ada 2 macam karbohidrat, karbohidrat baik (good carbs/complex carbs) dan karbohidrat jahat (bad carbs/simple carbs). Gula, kue, nasi putih, dan sirup buatan merupakan beberapa contoh karbohidrat jahat. Karbohidrat jahat lebih menambah kalori daripada memberikan nutrisi pada tubuh. Oleh karena itu, jauhkan diri anda dari mengkonsumsi makanan yang termasuk dalam karbohidrat jahat.
Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karbohidrat baik terdiri dari rantai molekul gula yang lebih panjang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dihancurkan/dicerna. Hasilnya, tubuh akan mendapat lebih banyak tenaga. Yang termasuk dalam karbohidrat baik adalah biji-bijian utuh seperti gandum

Biji-Bijian utuh

Biji-bijian utuh dapat mengontrol tekanan darah yang berdampak pada kesehatan jantung. Makanan yang termasuk biji-bijan utuh misalnya gandum, dan beras merah

Kurangi asupan garam

Mengurangi asupan garam juga merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kelebihan garam atau kelebihan sodium dapat menambah tekanan dara yang berdampak pada kesehatan jantung. Makanan cepat saji dan makanan kalengan mengandung kelebihan sodium yang seharusnya anda jauhi untuk kesehatan jantung anda. Masaklah makanan di rumah sehingga anda dapat mengurangi kadar garam dalam masakan anda. Anda juga dapat menggunakan garam pengganti yang banyak di jual di supermarket.

Terkadang, walaupun sudah mengetahui pola makan yang baik untuk jantung, tetap saja terasa sulit untuk mengubah kebiasaan makan yang buruk. Namun, dengan adanya kemauan dan sadar akan pentingnya kesehatan jantung bagi kehidupan semuanya pasti dapat dilakukan dengan baik.

[Krisan]