Cara Membuat Daftar Pustaka di Ms. Word 2007

Dalam menulis sebuah makalah, karya ilmiah, bahkan buku, seorang penulis tidak boleh melupakan bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka menjadi salah satu bagian penting dari sebuah tulisan, karena berisi sumber-sumber yang menjadi ide tulisan tersebut.
Kita telah diajarkan cara menulis daftar pustaka ynng baik dan benar. Sehingga, kita tidak bingung lagi dengan cara penulisan daftar pustaka.

Tidak ada yang salah dengan menulis daftar pustaka secara manual. Namun, akan lebih cepat pengerjaan sebuah daftar pustaka ketika dapat dilakukan secara otomatis. Seperti fitur yang terdapat dalam MS Word 2007, "billiography" yang mempermudah kita dalam menulis daftar pustaka. Banyak yang tahu, fitur ini ada, dan sangat membantu pekerjaan.

Nah, untuk kalian yang belum tahu tentang fitur ini, ini dia beberapa langkah sederhana penggunaannya.

  1. Pertama -tama dari dokumen Ms Word, klik menu References, Klik tombol 'Manage Source'
  2. Setelah Muncul Kotak Dialog '', klik new untuk memasukkan data - data sumber. Sumber dibutuhkan agar nantinya Daftar Pustaka dapat memunculkan data.
  3. Masukkan semua data sumber yang ingin dimasukkan dalam Daftar Pustaka, kemudian klik OK.
  4. Kembali ulangi langkah no.2 untuk menambah data dalam daftar Pustaka.
  5. Jika sudah dirasa puas, segera Klik Ok.
  6. Masih dari menu references, klik tombol Bibliography, lalu pilih 'Bibliography' untuk memasukkan daftar pustaka ke dalam dokumen.



  7. Jika judah, maka hasilnya akan terlihat seperti contoh di bawah ini.



Untuk membuat Daftar Pustaka menggunakan MS Word tidaklah sulit. Semoga artikel ini dapat membantu siapa pun yang sedang membuat daftar Pustaka.
Salam!
[Krisan]

Comments

  1. Terima kasih telah berkunjung..! Semoga anda mendapatkan sesuatu yang berguna!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment