WHAT'S NEW?
Loading...

Tips sehat: Olahraga secara Tepat & Teratur

Seperti sudah dibicarakan di bagian cara makan yang sehat, makanan yang kita makan harus seimbang dengan kegiatan/aktivitas fisik kita, bila aktivitas kita hanya duduk-duduk dikantor atau jarang sekali melakukan aktivitas yang berat padahal makanan yang kita makan banyak mengandung kalori, hasilnya kelebihan energi ini akan disimpan sebagai cadangan lemak dan bila cadangan lemak semakin menumpuk akan mengakibatkan tubuh menjadi kegemukan (overweight)kemudian akan menjadi obesitas.

Cara yang paling baik untuk mencegah kegemukan adalah menghitung makanan yang kita makan dengan aktivitas yang dilakukan, gampangnya kalau kita makan banyak, aktivitas kita harus banyak/aktif, bila aktivitas kita tidak banyak berarti kita perlu berolahraga untuk menyeimbangkannya.


Bagaimana cara 
olahraga yang menyehatkan?, berikut ini beberapa tips olahraga yang sehat :


* Pemanasan sangat penting. Otot-otot kita harus dipersiapkan sebelumnya. Lakukan selama 5-10 menit dengan aktivitas perlahan.Ada pemanasan yang bisa digunakan tanpa alat ada juga yang menggunakan 
alat olahraga maupun alat fitnes.


* Frekuensi sangat menentukan, seberapa sering kita berolahraga maupun sekedar 
fitnes dalam seminggu, yang paling baik 3-5 kali dan ini harus dilakukan secara teratur.


* Intensitas olahraga atau 
fitnes (besarnya upaya yang dilakukan). Berolahraga harus sampai berkeringat dan bernafas dengan dalam. Jangan sampai timbul rasa tidak nyaman, usahakan denyut jantung meningkat sampai 60-90 % dari normal.


* Waktu juga menentukan. Penelitian menunjukkan bila kita melakukan olahraga selama 30 menit akan sama hasilnya dengan olahraga selama 10 menit yang dilakukan 3 kali dengan intensitas yang sama. Dan olahraga ada yang bisa dilakukan dengan menggunakan 
alat olahragaalat fitnes, maupun alat yang dapat membantu memaksimalkan olahraga itu sendiri.


* Pendinginan jangan disepelekan. Bila kita habis berolahraga berat dan berhenti tiba -tiba, kita dapat mengalami kekakuan otot, merasa lemah, pusing bahkan bisa sampai pingsan. Lakukan pendinginan dengan berjalan atau melakukan peregangan lambat selama 5-10 menit.

http://kolomkesehatan.blogspot.com