Trik Matematika : Perkalian 11 cepat

Selamat bertemu laggi......
Kali ini, saya akan membagikan sebuah trik cepat matematika, trik perkalian 11.

Baru pertama kali ini, saya menulis trik mengenai pelajaran, khususnya
matematika. Tetapi saya kira sangat baik untuk diketahui oleh semua
pembaca terutama yang masih duduk di bangku sekolah. Itu sebabnya saya
menulis mengenai hal ini.

Nah teman, trik ini sendiri sebenarnya saya temukan saat sedang
bersantai. Saat itu saya mencoba menemukan hal baru. Dan hasilnya,
adalah trik ini.

Sudah cukup basa-basinya, langsung simak aja caranya:
.
. Pertama, siapkan angka yang akan dikalikan dengan angka 11. Misalnya angka 15.
. Sekarang kita sudah punya dua anka, 11 dan 15.
. Ambil angka depan dari 15, yaitu 1.
. Jumlahkan angka 1 dan 5, yang membentuk angka 15, sehingga menjadi : 1+5=6.
. Kini kita punya 2 angka, 1 dan 6.
. Langkah terakhir, masukkan angka belakang dari 15 yakni 5.
.. Angka yang sudah dikumpulkan sekarang ada tiga, yakni 1, 6,, dan 5.
Gabungkan 3 angka tersebut sehingga menjadi angka 165, dan itulah
hasil dari perkalian 11 x 15.
Cara ini juga dapat dilakukan dr belakang, sperti angka 19.
1. Angka belakang= 9
.
2. Hasil penjumlahan kedua angka 1 dan 9 = 10, cukup ditaruh 0, angka
1 nya disimpan.
.
3. Angka depan 1, ditambah dengan angka satu yg telah disimpan saat
menjumlahkan 2 angka, 1 dan 9, sehingga menjadi 1+1= 2.
. Jadi hasil perkalian 11 x 19 = 209.
Berlaku juga bagi semua angka puluhan.

Comments

  1. ql perkalian yang angka depannya bukan 1 dan itu 3digit gimana caranya????????????????????

    ReplyDelete

Post a Comment