Cara Menghapus Virus Shortcut Pada Flash Disk

Halo sobat.
Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang virus shortcut yang terkenal menginfeksi flashdisk.
Virus yang sering muncul saat flashdisk dibuka ini memang sangat mengganggu. Untuk menghapusnya memanglah sulit, bahkan tidak bisa. 'Menurut pemikiran saya', virus ini bukan berasal dari si Flash disk tersebut, melainkan dari file-file virus yang sudah ada di komputer. File-file virus tersebut 'kemungkinan' menginfeksi flash disk saat di sambungkan ke komputer.



Sebelumnya, flash disk saya terinfeksi virus ini. Usaha untuk mencarinya di google pun sepertinya sia-sia. Semua cara yang ada pada hasil pencarian google nyatanya tak ada yang manjur. Kebingungan pun muncul.

Mungkin sobat juga mengalami masalah seperti saya. Namun sekarang masalah saya sudah teratasi. Ternyata cukup menggunakan antivirus AVAST. Ya, antivirus ini memanglah sangat membantu menyelesaikan masalah. Awalnya saat menggunakan AVAST ini saya memanng merasa sedikit bingung. AVAST hanya memblokir virus shortcut yang muncul. Setelah itu, virus akan muncul lagi. Saya pun waktu itu merasa sedikit kecewa.

Namun, rasa kecewa itu hilang pada saat AVAST menyarankan untuk melakukan boot time scanning. Boot time scanning sendiri adalah scanning yang dilakukan saat komputer tengah melakukan proses booting. Pada saat scanning tersebut, akan ada pilihan untuk memperlakukan file-file yang terinfesi virus. Saat itu saya memilih untuk menghapus semua file yang sudah terinfeksi.

Setelah proses scanning yang memakan waktu berjam-jam selesai, komputer pun hidup. Saat melihat dekstop beberapa icom software hilang, yang berarti beberapa software telah dihapus karena telah terinfeksi virus. Tapi itu bukanlah masalah serius bagi saya. Toh, nanti bisa diinstall lagi.

Kemudian, saya mencoba untuk menyambungkan flash disk. Setelah disambungkan, AVAST kembali memblokir virus shortcut. Namun berbeda dengan yang gebelumnya, kali ini virus itu tidak muncul-muncul lagi. Setelah dihapus pun tidak muncul lagi. Saya kemudian mencabut flashdisk dan kembali menyambungkannya. Ternyata, virus shortcut tersebut benar-benar hilang dan bahkan tidak ada pemblokiran yang dilakukan AVAST, yang berarti, flash disk saya telah 100% bersih dari virus.

Yah, memang mungkin sobat melihat bahwa tulisan saya ini seperti cerita pengalaman. Namun cerita ini saya rasa cukup untuk memberikan solusi kepada sobat yang memiliki masalah serupa. Jadi disini saya berharap, dengan tulisan saya ini, sobat  dapat memperoleh solusi bagi masalah sobat.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terimakasih karena telah berkunjung, dan sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya. Sampai Jumpa.....

Comments

  1. makasih gan, sangat bermanfaat :)
    ane kebingungan ngatasi virus ini, hehe

    ReplyDelete
  2. faktor penting menghindari virus shortcut cuma memastikan komputer bebas dari virus

    ReplyDelete

Post a Comment