WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Mudah Mengajarkan Kepatuhan Kepada Anak


Setiap orang tua menginginkan anak mereka menjadi anak yang patuh. Namun, ketika orang tua mengajarkan kepatuhan kepada anak selalu ada rintangan yang akan dihadapi. Mungkin mereka akan melawan bahkan melempar kemarahan.
Anak cenderung melawan karena secara natural mereka selalu ingin melakukan apa yang mereka ingin lakukan.
Orang tua tidak bisa membiarkan anaknya terus-terusan seperti ini. Anak harus diajarkan kepatuhan demi kehidupan sosial mereka di masa depan. Mereka akan menghadapi situasi dimana mereka harus mematuhi banyak peraturan seperti di sekolah.

Nah, ini dia beberapa tips buat orang tua yang akan mengajarkan kepatuhan kepada anak.

Tegas dan Tenang

Ketika anda membuat beberapa peraturan untuk anak anda, anda perlu menjadi lembut tapi tegas. Cara yang kasar hanya akan membuat anak anda menjadi bandel nantinya.

Jadilah Teladan

Ini adalah poin paling penting dalam mengajarkan kepatuhan kepada anak. Seperti yang kita tahu bahwa anak cenderung menyerap dan belajar dari lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu pastikan bahwa andalah yang memulai mengikuti peraturan yang anda buat. Ini akan membantu anak untuk belajar langsung dari anda.

Konsistensi

Tetap jaga konsistensi dalam aturan yang anda rangkai untuk anak anda. Jika anda menjadi fleksibel atau jika anda mengendurkan aturan, anak bisa saja berpikir bahwa kepatuhan adalah sesuatu yang dapat ditunjukan jika terasa nyaman.

Penghargaan

Jika anak anda mambuat anda terkesan atas kepatuhannya, tawarkan ia sebuah hadiah kecil yang dapat memotiasinya. Tetapi jangan sampai pemberian hadiah menjadi sebuah kebiasaan atas setiap kejadian karena hanya akan membuat anak melakukan sesuatu hanya demi hadiah.

Untuk mengajarkan anak kepatuhan, anda harus sabar karena setiap usaha membutuhkan proses. Anak tidak dapat menjadi patuh hanya dalam waktu satu hari, atau satu minggu. Dibutuhkan waktu yang lama untuk membentuk anak anda menjadi baik.

[Krisan]