10 hal yang perlu diperhatikan setelah makan malam

Makan malam adalah salah satu faktor penting yang menentukan kesehatan kita. Setelah makan malam, banyak dari kita yang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak benar yang mempengaruhi kesehatan kita. Beberapa kebiasaan tidak benar setelah makan malam juga dapat menimbun lemak dalam tubuh. Oleh karena itu sangatlah penting melakukan hal-hal yang baik setelah makan malam.

Berikut adalah 10 hal penting yang perlu diperhatikan setelah makan malam dikutip dari 'Boldsky'.

1. Jangan Langsung Tidur

Langsung tidur setelah makan malam memperlambat proses pencernaan. Tunggulah sekitar dua jam setelah makan malam barulah anda bisa tidur dengan nyaman.

2. Berjalan Sebentar

Setelah makan malam sangat baik jika melakukan jalan-jalan sebentar. Anda dapat berjalan selama 15 - 20 menit di pekarangan rumah. Ini dapat membantu proses pencernaan.

3. Jauhi Latihan Berat

Ini dapat menaikan tekanan darah dan suhu tubuh, mengganggu saat tidur, dan dapat menyebabkan sakit perut  serta keram.

4. Sikat Gigi Anda

Anda perlu menyikat gigi 30 menit setelah makan malam. Ini dapat menjaga gigi anda dari kerusakan.

5. Jangan Merokok

Merokok sudah tentu berdampak buruk bagi kesehatan, ini juga sangat berbahaya jika dilakukan setelah makan malam. Merokok dapat menyebabkan keasaman dan mules setelah makan malam

6. Jangan Mandi Setelah Makan

Mandi dapat memperlambat darah mengalir ke perut dan menurunkan suhu tubuh. Kedua hal ini jika dilakukan setelah makan malam dapat memperlambat proses pencernaan.

7. Pakailah Pakaian yan Longgar

Pakaian ketat dapat memberikan tekanan pada daerah sekitarr perut yang dapat menyebabkam mules. Memakai pakaian longgar membantu anda memperoleh tidur yang nyaman.

8. Jangan Longgarkan Ikat Pinggang

Jika anda makan malam sambil mengenakan ikat pinggang, jangan langsung longgarkan ikat pinggang anda setelah makan. Ini dapat mengendurkan otot perut anda yang berakibat pada perut membengkak. Setelah kenyang, kita kerap kali melonggarkan ikat pinggang dan ini harus dijauhi.

9. Tidak Mengkonsumsi Buah

Anda dapat mengkonsumsi buah sebelum sarapan namun mengkonsumsi buah setelah makan malam dapat menyebabkan pencernaan terganggu. Perut kita tidak dapat mencerna buah dengan segera setelah makan malam. Ini juga dapat mengganggu tidur malam.

10. Jauhi Minuman Ber-Kafein

Minuman berkafein setelah makan malam bisa saja menyebabkan mules. Minuman berkafein seperti kopi juga dapat mengganggu tidur malam karena akan membuat anda terjaga.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment