Makan Kurma Saat Berpuasa Banyak Manfaatnya!

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang terkenal di Timur Tengah. Buah yang baik bagi kesehatan ini, sangat baik dimakan saat bulan suci Ramadan. Kegiatan puasa yang dilakukan sepanjang hari dapat mempengaruhi tubuh, seperti kekurangan energi, kekurangan gula darah, dan tekanan darah rendah.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan nutrisi yang cukup pada saat ramadan, sangat disarankan untuk berbuka dengan kurma. Kurma mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, sukrosa, glukosa, fruktosa, dsb.

Karbohidratnya yang dicerna perlahan, dapat membantu saat puasa, karena menahan rasa lapar. Kurma juga dapat mencegah sembelit saat menjalankan puasa di bulan Ramadan. 
Berikut beberapa alasan untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka.

Pemberi Tenaga

Kurma dapat memberikan energi yang dibutuhkan saat berpuasa. Kurma mengandung glukosa, sukrosa, dan fructose, yang mampu memberi energi pada tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kurma membantu dalam proses menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Kurma juga membantu menyingkirkan kolesterol jahat dari dalam tubuh, sehingga membuat jantung dan hati tetap sehat.

Sebagai Antibiotik

Beberapa jenis kurma mampu membunuh bekteri penyebab infeksi karena dapat berguna juga sebagai antibiotik. Menurut penelitian kurma 50% sama efektifnya seperti penicillin.

Mencegah Sembelit

Kurma kaya akan serat yang sangat membantu dalam  proses pencernaan, dimana ini akan sangat berguna untuk mencegah sembelit.

Memperkuat Tulang

Kurma juga kaya akan mineral yang baik untuk tulang yang kuat.

Mencegah Kanker dan Memperlambat Penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam kurma membantu dalam membuang racun dan radikal bebas dalam tubuh. Kurma medetoksifikasi limpa dan mencegah sel kanker.

Mengatasi Anemia

Zat besi yang ada pada kurma membantu pembentukan hemoglobin yang merupakan bagian dari sel darah merah sehingga sangat membantu mengatasi kurang darah atau anemia.

Mencegah Stroke dan Serangan Jantung

Kurma mengandung magnesium, dan megnesium sangat baik bagi jantung dan mampu mencegah penyumbatan darah, sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Makan kurma setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dijadikan alasan untuk menjadikan kurma sebagai salah satu menu berbuka di bulan puasa. Jaga terus kesehatan saat berpuasa, karena sehat pada saat berpuasa sangat  membantu dalam menjalankan puasa yang penuh.

[Krisan] 

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment