6 Tips Yang Perlu Dilakukan Saat Cuaca Panas


Merasa kepanasan bukanlah hal yang bagus. Sebagian besar orang merasa kurang nyaman saat kepanasan. Berkeringat, stres, dehidrasi dapat terjadi saat kepanasan. Saat cuaca sedang panas, segalanya terasa buruk. Pekerjaan menjadi tertunda akibat kondisi yang kurang nyaman.

Seperti yang kita ketahui bahwa cuaca yang panas merupakan peristiwa alam yang tak mungkin dicegah. Namun ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat cuaca sedang panas, sehingga dapat sedikit meringankan rasa kepanasan dan tidak nyaman.

Berikut Tips yang dapat anda lakukan saat cuaca sedang panas.


1. Pakai Pakaian yang Terbuka

Memakai pakaian tertutup bukanlah hal yang tepat saat cuaca sedang panas. Alih-alih mendinginkan, memakai pakaian terbuka hanya akan meningkatkan suhu tubuh. Pakailah pakaian yang terbuka atau berbahan tipis dan menyerap keringat, seperti baju tanpa lengan, baju untuk berolahraga, atau baju berbahan  katun. 
Pakai juga bawahan yang pendek dan tidak berbahan tebal. Hal ini dapat membiarkan angin untuk masuk dan mendinginkan tubuh.

2. Minum Banyak Air Putih


Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga suhu tubuh tetap stabil. Selain itu, air putih juga baik  untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat, sehingga tidak kering saat cuaca sedang panas
Minumlah air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam 1 hari.

3. Duduk Tenang

Banyak bergerak, mengipas-ngipaskan buku untuk menciptakan angin bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan saat cuaca sedang panas. Gerakan yang dilakukan terlalu banyak malah akan meningkatkan suhu tubuh. Hal paling tepat adalah duduk tenang dan meminimalkan gerakan. Ini dapat membantu anda mengurangi rasa panas.

4. Keluar Rumah

Jika terasa terlalu panas, anda dapat keluar rumah untuk mendapatkan angin. Duduk di teras atau di depan pintu adalah hal yang bagus untuk mendapatkan angin.

5. Menggunakan Alat Elektronik


Saat cuaca sedang panas, alat elektronik seperti AC dan Kipas Angin merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi kepanasan. Anda dapat menggunakan kedua alat elektronik ini dengan bebas. Tetapi ingatlah, AC bukanlah alat yang ramah lingkungan. Jadi gunakan seperlunya, atau pakai kipas angin sebagai alternatif.

6. Gunakan Tabir Surya

Jika anda ingin keluar rumah saat cuaca sedang panas atau matahari sedang terik, jangan lupa gunakan tabir surya, untuk melindungi kulit anda dari terik matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi hitam terbakar.

Saat cuaca sedang panas, segalanya menjadi menyebalkan. Semoga tips di atas membantu kamu agar tidak menjadi orang yang menyebalkan saat cuaca panas. Stay Cool!!

[Krisan]

Comments